Senin, 15 Oktober 2012

Makanan Enak Murah di Malang-Jawa Timur

Ketika tinggal di kota Malang hampir 8 tahun dan saat ini juga istri saya orang Malang, Arema dari Batu, saya punya kenangan makanan enak di Malang.

Gerbang Maskot Kota Batu-Jatim Park

Yang jelas, bakso, tahu petis, rujak cingur, nasi goreng Jawa di Bareng, Ayam Bakar di Kertolesono apa Kertosentono (lupa) dan lele penyet yang dulu sering saya supply beras.
 
Gunung Panderman dari bawah

BATU
Batu terkenal dengan kota Batu. Melalui tangan pengusaha, Edy Rumpoko, Walikota Batu ini berhasil menyulap Kota Batu lebih terkenal lagi sebagai tujuan Wisata.
Disamping tujuan wisata lama seperti Selecta, terdapat wahana permainan yang menarik anak-anak dan keluarga untuk bermain di JATIM PARK dan Batu Nisght Safari. Untuk mendukung kota wisata, Kuliner yang terkenal dengan pasar malam di seputaran alun-alun Batu pun disulap lebih rapi. Alun2 diberi Bianglala seperti Singpaore Fliyer.
Saya masih ingat, betapa indahnya menikmati pemandangan malam dari atas Bukit Panderman. Pernah tiga kali saya mendaki Panderman saat masih kuliah dulu. Sunggu indah pemandangan baik malam maupun pagi hari, apalagi kalau kabut tidak sedang turun.
Yang saya suka dari Batu adalah Ketan (saya menyebutnya Ketan Krisdayanti, astis kondang asal Batu) yang ada di pojok pusat jajanan kota Batu. Tidak ketinggalan Tahu Campur dekat kantor Polres Batu. Gado-Gado, Rujak Cingur, Wader goreng kering adalah makanan lain yang enak dan khas.

Rujak Cingur Ning Yan, Kelurahan Sisir-Kota Batu

Selorejo
Disamping Batu, kalau Anda sedang jalan-jalan ke Waduk Selorejo, jangan lupa mampir makan wader, mujaher atau aneka ikan air tawar hasil tangkapan nelayan. Dengan nasi pulen, dicampur sambal dan suasana dingin Kota Malang, sungguh enak menyantap ikan tawar goreng.

Wader Goreng yang Enak
 
Makanan Modern
Karena semasa tinggal di Malang masih kantong kempes, maka di sana jarang makan yang ber-merk modern. Namun begitu, di Malang Kota juga lengkap dengan restaurant modern, seperti KFC, MC Donald, Pizza Hutt dan bertumbuhan Cafe-Cafe milik anak muda yang menyajikan makanan barat dan juga tradisional.

Bersambung....

Link Tulisan Makanan Jawa Timur Lain:
-
3 Makanan Khas Jawa Timur
- Makanan Enak Khas Jawa Timur ke-2
- Makanan Favorite di Malang

- Wisata Kuliner di Kota BATU-AREMA
- Gresik Kota Tua Terkenal di Indonesia
- Makanan Aneh Enak di Kota Gresik
- Makanan Bikin Ngeler dan Ketagihan khas Gresik
- Lesehan Ayam Jantan di Jakarta 02197222220 atau 081288551223
- Bakso Arema Nomer Wahid Harus dicobain

1 komentar:

  1. "Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !
    "






















    BalasHapus