Jumat, 12 Oktober 2012

3 Makanan Favorit di Jawa Timur: Rujak Cingur, Pecel, Nasi Krawu

Jawa Timur adalah Propinsi teramai ke-2 di Indonesia. Di Propinsi ini ekonominya berkembang pesat, sehingga banyak orang luar datang ke sini, tidak hanya urusan bisnis tapi juga berlibur.

Mengenai Blog ini, Lesehan Ayam Jantan, banyak yang bertanya-tanya mengenai arti di Logo 'Jawi Wetan', Lesehan khas Jawi Wetan. Jawi = Jawa. Wetan = Etan = Timur. Jadi Jawi Wetan adalah Jawa Timur. Sehingga Ayam Jantan, bisa dipanjangkan menjadi Ayam Jawi Wetan atau Ayam Jawa Timuran. Untuk itulah kami menuliskan edisi makanan/masakan khas Jawa Timur sebagai alternatif tujuan wisata Kuliner Nusantara di Jawa Timur.

Di Jawa Timur terkenal banyak makanan enak, baik yang umum ada di semua kabupaten atau hanya ada di beberapa kabupaten sekitar.

1. Nasi Krawu
Seperti di Kabupaten Gresik, terdapat makanan khas seperti Sego (nasi) Krawu. Makanan ini biasanya dijual oleh orang-orang asli madura. Makanan ini juga sering disebut Nasi 'Buk' (panggilan untuk 'Ibu' orang Madura). Gresik memang dekat dengan Madura, dengan perahu mesin kecil, hanya 20 menit bisa menjangkau Madura. Sehingga banyak perantauan Madura dari Bangkalan, di kota Gresik.

Nasi Krawu-dengan suwiran iwak bandeng dan daging

2. Nasi Pecel
Sering juga disebut Sego Pecel dengan sambal khas kacang dan sayuran masak hijau menjadi santapan wajib warga di Jawa Timur sebelah selatan. Memang hampir semua kota di Jawa Timur mengenal pecel. Namun di kota-kota agak ke selatan seperti Kediri, Madiun, Blitar, Malang, Ponorogo dan sekitarnya, Pecel menjadi semacam makan pagi. Setiap kota memiliki kekhasan masing-masing baik dari komposisi bumbu atau pun lauk tambahan. Umumnya Nasi Pecel ditambahin tempe dan iawak peyek.

Nasi Pecel - Sego Pecel enak dimakan dengan alas daun

3. Rujak
Makanan khas lainnya adalah Rujak Cingur. Hampir di kota-kota Jawa Timur mengenal makanan rujak. Rujak bisa sebagai camilan seperti bakso, bisa juga untuk makan siang dengan ditambah lontong atau nasi. Rujak adalah sambal yang terdiri dari cabe rawit, kacang tanah goreng, dicampur petis, bawang putih goreng, kecap, garam, air dan ditambah pisang batu/klutuk hijau. Diulek/tumbuk/campur menjadi satu membuat rasa rujak enak dirasakan di lidah.
Ada beberapa jenis macam rujak yang penulis ketahui di Jawa Timur. Rujak manis dengan gula merah, biasa dicampur buah, Rujak Cingur dicampur petis (pasta/sauce dari udang/ikan) dan Rujak serut dengan cabe dan gula pasir.
Campuran rujak pun bisa bervariasi. Ada campuran hanya mentahan, terdiri dari buah-buahan seperti mentimun, bengkoang, kedondong, jambu dan bahkan nanas. Ada juga isinya matengan (masak), seperti lontong, tahu goreng, tempe goreng dan ditambah cingur. Bisa juga campurannya mateng dan mentah. Rujak akan lebih lengkap ditambahkan dengan sayur seperti kangkung masak dan tauge masak. Coba bayangkan memakannya dengan ditambah kerupuk bundar. Hemmmm.
Tentunya hampir mirip dengan makanan lainnya. Orang Indonesia ini paling kreatif. Ketika Anda makan rujak di Bangkalan dan makan rujak di Lamongan, bisa jadi campuran dan rasanya sedikit berbeda. Karena saya sejak kecil tinggal di Pelabuhan Gresik, dimana banyak pedagang orang Madura, beda penjual saja bisa beda rasa. Dan saya kecil di pedalamam Gresik, di Kecamatan Dukun sedangkan ayah saya Lamongan. Waktu kuliah tinggal di Malang dan sering melalang buana ke kota lain di Jawa Timur.

Rujak Cingur-Masakan Khas Jawa Timur

Tentunya masih banyak makanan lain seperti: Soto Ayam, Stoto Daging, Bebek Goreng khas Surabaya, Bebek khas Gresik dan lainnya. Belum lagi makanan camilan sebagai oleh-oleh khas Jawa Timur masih banyak yang belum kita explore.
Mudah-mudahan di kesempatan lain bisa memberikan tulisan lagi.

Link Tulisan Makanan Jawa Timur Lain:
-
3 Makanan Khas Jawa Timur
- Makanan Enak Khas Jawa Timur ke-2
- Makanan Favorite di Malang

- Wisata Kuliner di Kota BATU-AREMA
- Gresik Kota Tua Terkenal di Indonesia
- Makanan Aneh Enak di Kota Gresik
- Makanan Bikin Ngeler dan Ketagihan khas Gresik
- Lesehan Ayam Jantan di Jakarta 02197222220 atau 081288551223
- Bakso Arema Nomer Wahid Harus dicobain

Link Makanan: http://restojantan.blogspot.com/2011/12/spg-sego-pecel-gresikmakanan-bergizi.html

Link Jawa Timur:
Pemerintah Jawa Timur http://www.jatimprov.go.id/
Kota Surabaya www.surabaya.go.id
Kabupaten Gresik www.gresikkab.go.id
Kabupaten Lamongan www.lamongan.go.id
Kabupaten Bangkalan www.bangkalankab.go.id
Kabupaten Kediri www.kedirikab.go.id
Kabupaten Malang www.malangkota.go.id
Kota Batu www.batukota.go.id
Kabupaten Madiun www.madiunkab.go.id

Kabar Bisnis & Suara Pengusaha Indonesia : www.kabarbisnis.com & www.suarapengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar