Jumat, 12 Oktober 2012

Gresik Kabupaten Kota Gresik Asal Ayam Jantan


Sejak abad ke-11, Gresik menjadi pusat perdagangan dan kota bandar yang dikunjungi oleh banyak bangsa seperti, Cina, Arab, Champa, dan Gujarat. Gresik juga sebagai pintu masuk Islam pertama di Jawa, yang antara lain ditandai dengan adanya makam-makam Islam kuno dari Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Fatimah binti Maimun.

Gresik sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14, serta menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatera dan daratan Asia (termasuk India dan Persia). Hal ini berlanjut hingga era VOC.

Gresik dikenal sebagai salah satu kawasan industri utama di Jawa Timur. Beberapa industri di Gresik antara lain Semen Gresik, Petrokimia Gresik, Nippon Paint, BHS-Tex, Industri perkayuan/ Plywood dan Maspion. Gresik juga merupakan penghasil perikanan yang cukup signifikan, baik perikanan laut, tambak, maupun perikanan darat.

Antara Gresik dan Surabaya dihubungkan oleh sebuah Jalan Tol Surabaya-Manyar, yang terhubung dengan Jalan Tol Surabaya-Gempol. Selain itu perekonomian masyarakat Gresik banyak ditopang dari sektor wiraswasta. Salah satunya yaitu Industri Songkok, Sarung, Busana Muslim, Pengrajin Tas, Pengrajin Perhiasan Emas & Perak.

Orang sering mengenal Bengawan Solo ada kota Solo, namu jarang yang mengetahui bahwa ujung berakhirnya Bengawan Solo mengalir adalah di Gresik, tepatnya di Kecamatan Ujung Pangkah, kurang lebih 30 KM arah utara dari Kota Gresik. Sebelum Ujung Pangkah, Anda akan menemui Ibu Kota Kecamatan Sedayu yang merupakan penghasil sarang burung walet terbesar di indonesia.

Wilayah Gresik sebelah utara dibatasi oleh Laut Jawa dan diantaranya berbatasan langsung dengan Pulau Madura, Kabupaten Bangkalan. Gresik juga berbatasan langsung dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo serta Kabupaten Lamongan.

Kita mengenal banyak makanan khas Kota Gresik. Ada makanan asli dari Gresik dan ada pula yang campuran dari makanan daerah sekitarnya.


Gambar: Prasasti Gresik, di Komplek Makam Maulana Malik Ibrahim dan Para Adipati Gresik

Diantara makanan khas asli Gresik adalah nasi krawu, otak-otak bandeng, bonggolan, pudak, jubung, ayas, ubus, gajih pinggir, dan bontosan giri yang hanya ada di daerah sekitar makam Sunan Giri.
Minuman khas Gresik adalah Es Siwalan, Legen panceng, temu lawak, wedang pokak dan kopi yang tersedia di warung kopi yang banyak tersebar hampir disetiap sudut-sudut gang [Warung Cangkru'an].

Gambar: Warung Kopi Gresik, Pemilik Ayam Jantan dibesarkan lewat Warung Kopi

Link Tulisan Makanan Jawa Timur Lain:
-
3 Makanan Khas Jawa Timur
- Makanan Enak Khas Jawa Timur ke-2
- Makanan Favorite di Malang

- Wisata Kuliner di Kota BATU-AREMA
- Gresik Kota Tua Terkenal di Indonesia
- Makanan Aneh Enak di Kota Gresik
- Makanan Bikin Ngeler dan Ketagihan khas Gresik
- Lesehan Ayam Jantan di Jakarta 02197222220 atau 081288551223
- Bakso Arema Nomer Wahid Harus dicobain

Web Resmi Pemerintah Kabupaten Gresik dan di sekitarnya:
Kabupaten Gresik http://gresikkab.go.id/
Info Kota Gresik http://infogresik.info/
SMU NU 1 Gresik-Nahdhatul Ulama http://www.smanu1-gresik.sch.id/
SMU Muhammadiyah 1 Gresik www.smam1gresik.sch.id
SMU Negeri 1 Gresik http://www.sman1gresik.info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar