Senin, 15 Oktober 2012

Bakso Arema Malang Memang Ueenak

Indonesia memang kaya akan kuliner. Seperti bakso misalnya, banyak kota di Indonesia yang jago membuatnya, salah satunya Malang. Bakso di Malang memiliki kekhasan disamping rasa bakso dan kuahnya juga 'pangsit' gorengnya.
 

Malang yang dalam bahasa (balikannya), Arema terkenal kreatif membuat jenis bakso. Ada yang namanya bakso halus, bakso kasar dengan berbagai ukurannya kecil, hampir seukuran bola pingpong sampai sebesar genggamana tangan.

Tidak hanya dalam bentuk rebusan, bakso di Malang juga bisa dibakar, namanya ya Bakso Bakar. Seperti umumnya bakso (rebus), dengan dicelupkan bumbu+kecap, bakso tersebut dibakar seperti sate. Rasanya ? Sungguh enak.


Bakso Bakar Arema
 
Waktu di Malang, saya menemukan bakso yang dipikul dengan berbagai pilihan, bisa memilih bakso halus, bakso kasar, mie kuning, tahu (isi bakso), tahu putih, pangsit goreng dan bakso goreng.
Disamping itu, bakso yang saya dengan terkenal adalah Bakso President, di Pulosari (dulu ada GOR-nya).
Adalagi namanya Bakso Dulmanan Stasiun Malang, tapi saya belum berkesempatan datang ke sana.
 
Bakso Cak Man
 
Saya sendiri mendifinisikan Bakso adalah daging (umunya sapi) dicampur tepung kanji, terigu dan bumbu yang dibikin bulat (meskipun sekarang banyak bentuk bakso seperti gepeng, kotak, dll) dan dimasak/rebus sampai matang dengan dicampur kuah berbumbu (berambang, bawang, garam, msg?).

Ketika dihidangkan, penikmat bisa menambah tingkat keasinan/kemanisan/kepedesan dengan suguhan yang sudah ada, seperti garam, micin, kecap, saos, berambang goreng, bawang daun, dll.

Bakso sih enaknya dirasakan, kalau pun bisa ditulis perbandingan dengan bakso kota lain, tapi tetap saja Bakso Malang bisa menjadi alternatif nomer wahid untuk dicobain :-)

Di Jakarta sendiri saat ini ada beberapa Bakso Malang, baik franchisee maupun berdiri sendiri.
Daftar Franchise/Usaha Bakso Malang di Jakarta :
Link Tulisan Makanan Jawa Timur Lain:
-
3 Makanan Khas Jawa Timur
- Makanan Enak Khas Jawa Timur ke-2
- Makanan Favorite di Malang

- Wisata Kuliner di Kota BATU-AREMA
- Gresik Kota Tua Terkenal di Indonesia
- Makanan Aneh Enak di Kota Gresik
- Makanan Bikin Ngeler dan Ketagihan khas Gresik
- Lesehan Ayam Jantan di Jakarta 02197222220 atau 081288551223
- Bakso Arema Nomer Wahid Harus dicobain



- Daftar Franchise Bakso Arema Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar