Senin, 15 Oktober 2012

7 Makanan Enak Aneh Khas Gresik-Semanggi, Simping, Sego Mener, Sego Roomo, Kerupuk Uyel

Saya semasa kecil, sekolah SMP dan SMA di kota Gresik. Memang saya kelahiran Gresik, tapi dari Desa, teptnya di Kecamatan Dukun, kurang lebih 30 KM dari Kota.

Simpying or Simping
Simpying ini sejenis kerang, bentuknya pipih, direbus dengan dicampur garam dan bumbu (saya duga bawang merah/putih). Dengan dimasukkan ke dalam ember plastik, para pedagang menjajakan keliling perumahan/kampung. Saat istirahat sekolah, kami balapan makan sempyeng yang punya beberapa ukuran. Ada yang kecil, sedang dan besar.
Cara belinya per-10 dan biasanya ditambah bonus 1 keping, per-kelipatan 10. Secara umum, kami mampu makan 10-20 keping sempyeng saja. Kalau kebanyakan, perut kita bisa mules.

Nasi Meneer
Nasi Meneer adalah nasi yang dicampur dengan kuah bening (meneer) ditambah sambal dan lauk. Saya paling suka kalau lauknya adalah belut goreng/belut bumbu bali.
Nasi Meneer ditambah peyek ikan teri dalam piring pincuk
 
Semanggi
Makanan ini juga biasanya disajikan dalam piring pincuk, berupa sayur semanggi ditambahi bumbu kacang campur gula merah. Seperti pecel, tapi saya masih belum tahu pasti bumbunya pakai apa, tapi yang jelas manis-masni gurih dan bisa ditambah sambal dengan tingkat kepedasan tertentu.

Penjual 'Pecel' Semanggi
Nasi/Sego Roomo Romo
Sego Roomo bisa dimakan dengan nasi, atau lontong. Nasi ditaru dalam piring daun/pincuk/takir dan dibubuhi semacam bubur, ditambahkan remasan kerupuk di atasnya.


Nasi Roomo

Kerupuk Tutul/ Krupuk Uyel
Kenapa disebut kerupuk tutul, karena kerupuk yang punya warna warni ini biasanya ditutul dengan sambal/bubur sambal. Sambal ini saya rasa terdiri dari terigu, tepung kanji, cabe dan aneka bumbu tambahan.
Kerupuk ini mudah ditemui di pedagang keliling di kampung, di sudut sekolahan atau pun di alun-alun kota Gresik. Penulis suka makan kerupuk uyel ini tahun 80-an sambil main bola di alun-alun depan masjid Jamik Gresik pada sore hari.

Nasi Krawu

Nasi Krawu adalah makan khas Kota Gresik. Tulisan ini sudah pernah saya tulis. Klik di sini.

Nasi Krawu-Khas Gresik

Sego Karak
Biasanya orang membuat karak dari nasi sisa. Dengan pengolahan baru rasanya tetap enak dan sehat.

Tapi jangan khawatir, di Gresik Sego/Nasi Karak adalah nasi yang sengaja dibuat karak (bukan nasi sisa). Mula-mula Nasi dimasak dan dijemur sampai kering, lalu direndam air dan dimasak kembali dengan campuran ketan hitam, sehingga rasanya sangat khas dan enak. Makannya akan lebih enak bila ditambah parutan kelapa dan tempe goreng tepung.


Kota Wali
Gresik memang terkenal dengan kota Wali, karena Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim dimakamkan di Gresik, juga ada Putri Campa, Maulana Ishak dan Raden Santri. Menjadikan Gresik menjadi tujuan wisata religi dari wisatawan di tanah Jawa hingga luar Jawa.

Masih banyak kuliner di Kota Gresik yang belum bisa saya explore di sini.

Link Tulisan Makanan Jawa Timur Lain:
-
3 Makanan Khas Jawa Timur
- Makanan Enak Khas Jawa Timur ke-2
- Makanan Favorite di Malang

- Wisata Kuliner di Kota BATU-AREMA
- Gresik Kota Tua Terkenal di Indonesia
- Makanan Aneh Enak di Kota Gresik
- Makanan Bikin Ngeler dan Ketagihan khas Gresik
- Lesehan Ayam Jantan di Jakarta 02197222220 atau 081288551223
- Bakso Arema Nomer Wahid Harus dicobain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar